KEPUTUSAN CONSUMER BEHAVIOR DALAM MEMBELI

Consumer behavior adalah sebuah studi tentang individu dan aktivitas yang berlangsung untuk memenuhi kebutuhan yang mereka sadari. Kepuasan individu berasal dari proses yang ada dan digunakan dalam memilih, mengamankan, dan menggunakan produk atau layanan ketika manfaat yang diterima dari proses tersebut memenuhi atau melebihi harapan konsumen (Lake 2009).

Dalam Lake (2009) saat konsumen mengambil suatu keputusan dalam pembelian, terdapat dua faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian tersebut, yaitu:

✓ Pengaruh Internal
: persepsi, sikap, gaya hidup, dan peran

✓ Pengaruh Eksternal
: budaya, subkultur, struktur rumah tangga, dan kelompok yang berpengaruh pada individu.

5 Langkah Proses Keputusan Membeli Pada Konsumen

Saat konsumen membuat suatu keputusan dalam suatu pembelian produk terdapat lima langkah proses yang terjadi (Lake, 2009).

1. Konsumen menjadi sadar akan kebutuhannya. (Hal ini dapat dipicu secara internal atau eksternal).

2. Setelah kebutuhan teridentifikasi, konsumen mulai mencari solusi untuk memenuhi kebutuhan tersebut. (Konsumen melibatkan identifikasi kriteria yang penting baginya dan mulai mencari lokasi di mana dia dapat menemukan solusinya).

3. Konsumen mengevaluasi alternatif atau pilihan. (Konsumen mengambil informasi yang dikumpulkan dari langka kedua untuk membuat keputusan).

4. Konsumen melakukan pembelian berdasarkan proses informasi pada Langkah 3. (Dalam langkah ini, konsumen menentukan tempat untuk membeli dan bagaimana membeli serta kapan dia harus membeli).

5.Konsumen mengevaluasi pembelian. (Langkah ini berfokus pada bagaimana respon psikologis terkait pembelian, namun pada langkah ini seringkali muncul penyesalan).

5 Hal Yang Diperhatikan Konsumen Saat Memutuskan Untuk Membeli

Dalam membeli suatu produk, banyak hal yang menjadi pertimbangan konsumen saat membeli. Inilah lima hal yang berisiko dan menjadi perhatian konsumen ketika memutuskan untuk membeli suatu produk (Patricia, M. R., Stefani, B., Richard, P., & Penny, G., 2015).

✓ Fungsional, yaitu apakah itu bekerja atau bekerja seperti yang diharapkan?

✓ Moneter, yaitu apakah ada nilai yang lebih tinggi dari biaya bagi saya untuk menggunakan produk atau layanan ini?

✓ Fisik, yaitu apakah ada potensi masalah kenyamanan atau keamanan terkait penggunaan ini?

✓ Psikologis, yaitu seberapa akurat produk ini atau layanan mencerminkan citra diri saya?

✓ Sosial, yaitu apakah teman dan orang lain melihat saya dengan positif jika saya menggunakan ini?

Kesimpulan
Saat pengambilan keputusan konsumen dalam membeli suatu produk. Banyak hal yang dipikirkan dan menjadi pertimbangan, baik dari segi fungsi kegunaan ataupun dari segi sosial. Pengambilan keputusan pembelian produk juga melewati beberapa tahap proses yang menentukan apakah konsumen akan melakukan pembelian atau tidak. Jika konsumen puas maka keputusan pembelian bisa dilakukan berulang, namun jika tidak maka komsumen tidak akan melakukan pembelian kembali. Keputusan konsumen tersebut dapat didasari oleh pengalaman selama pembelian produk.

Sumber:

Lake, L. A. (2009). Consumer Behavior for Dummies. Canada: Wiley Publishing, Inc.  

Patricia, M. R., Stefani, B., Richard, P., & Penny, G. (2015). The Why Of The Buy (2th ed). NewYork: FAIRCHILDBOOKS, BLOOMSBURY.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Consumer Behavior New Normal In Covid

Individual Consumer